Jumat, 12 November 2010

Dampak Narkoba

Para pemakai narkotika dan obat-obatan terlarang atau narkoba yang tidak pada tempatnya dan dengan dosis yang melampaui ukuran akan menimbulkan dampak negatif, maka perlu diketahui bahaya yang akan ditimbulkan berdasarkan dengan pemakaian yang merugikan/jangka panjang. Resiko penggunaan sangat tergantung pada pola penggunaan, jenis zat yang digunakan, dan cara pengunaan.

Pengunaan Narkoba sangat banyak sekali kita temui di masyarkat diantaranya dengan cara dirokok atau disuntikan akan menghasilkan reaksi yang cepat dan intens. Sementara cara penggunaan per oral akan memberikan efek yang tahan lama sekalipun  kurang intens.

Sedangkan pengunaan dengan cara dihisap melalui hidung berada diantarnya. Sekalipun demikian dari seluruh metode yang digunakan zat disini, penggunaan zat dengan merokok atau menyuntikan cenderung untuk menghasilkan masalah-masalah yang sangat akut karena penggunaan ini langsung berhubungan dengan saluran darah dan juga otak.

Ketergantungan pada narkoba sesungguhnya juga merupakan salah satu jalan menuju ekses tindak kriminal. Bahwa pengguna narkoba cenderung melanggar tindak kriminal. Hal ini dapat dimengerti  sebab  untuk dapat menggunakan narkoba dan ketergantungannya terhadap narkoba, sipemakai harus terus membeli narkoba tersebut yang tidak mungkin dapat dipenuhi secara terus menerus oleh kondisi keuangannnya pribadi. Karena kita tahu bahwa narkoba tersebut tidak gratis dan harganya lumayan mahal.  Bahwa seluruh pola penggunaan narkoba sangat mempengaruhi kesehatan fisik, meyebabkan problema keluarga, dapat meningkatkan resiko kecelakaan dan menghasilkan  sikap prilaku yang menghancurkan.

Penyalahgunaan Narkoba juga seringkali menimbulkan dampak kesehatan yang serius. Hal ini ditimbulkan oleh prilaku mereka yang sangat berisiko. Pemetaan pada pengguna narkoba di Jakarta tahun 2000 mencatat 100% pengguna jarum suntik pernah berbagi jarum suntik. Sementara penggunba narkoba dengan jarum suntik menimbulkan resiko tinggi tertular infeksi HIV atau hepatitis. Biasanya orang dengan kalangan kebawah yang karena ketidakmampuannya dan ketidaktahuaannya, mereka menggunakan jarum suntik secara berulang-ulang.

Selanjutnya dampak narkoba secara berlebihan yaitu ketergantungan yang sangat terhadap narkoba, sehingga sipemakai bisa melakukan apa saja untuk mendapatkan narkoba tersebut. Dan jika  terlalu banyak menggunakan narkoba akan mengakibatkan overdosis. Tidak sedikit para pemakai narkoba yang kehilangan nyawa gara-gara memakai narkoba secara berlebihan atau overdosis.

Pemakaian narkoba diluar keperluan kedokteran dianggap perilaku yang menyimpang sebab dapat merugikan sipemakai dan masyarakat disekitarnya. Selain itu penyimpangan narkoba dapat memicu tindakan  penyimpangan lain seperti perkelahian, pemerkosaaan, pembunuhan, perbuatan asusila dan yang terpenting adalah  hilangnya kesempatan untuk mengisi hidupnya dengan aktivitas yang bermanfaat. Selain itu sanksi dari masyarakat sangat berat diantaranya si pemakai narkoba tidak dapat dipercaya oleh masyarakat, susah mencari pekerjaan, sulit bergaul, dan yang paling berat biasanya dikucilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar